Cerita Rakyat & Legenda

Suatu hari ada anak yang bernama reno.ia hidup miskin ia yatim piatu , ia ingin bercita cita menjadi seorang pelukis terkenal.

Walaupun jika melukis reno hanya menggunakan alat alat sederhana, yaitu batu dan kayu.

Suatu hari ia berkhayal jika ia menjadi pelukis terkenal ia akan memberikan barang barang yang berguna bagi orang orang tidak mampu.

Kemudian muncullah seorang kakek kakek yang berkata "ambillah barang ini , tapi hanya untuk kepentingan orang orang miskin saja".belum sempat reno menjawab kakek itu menghilang dan hanya meninggalkan barang itu, barang itu berupa sebuah alat lukis dan sebuah kertas.

Keesokan harinya reno mulai menggunakan alat tersebut .ajaibnya saat reno melukis kompor muncullah sebuah kompor asli di hadapannya dan saat itu ia memberikan ke orang orang yang tidak mampu secara bergiliran.

Tentang alat lukis itu sampai terdengar oleh para raja .sampai akhirnya raja memerintahkan reno untuk datang ke istana . reno bertanya " ada apa tuan raja memanggil hamba kemari?". Raja menjawab "tolong buatkanku sebuah pohon yang berdaun emas ". Reno menjawab " tidak ". Lalu raja memeritahkan untuk memenjarakan reno .

Setelah itu, saat di penjara reno terdiam saja . setelah itu ia mempunyai cara untuk membebaskan ia dari penjara, yaitu membuat kunci penjara . akhirnya ia bebas dan ia pulang dari rumah dengan selamat.

Karya anak orisinil karya izzi tusi robi arroqi (izziarroqi @gmail. com)