Dongeng Bahasa Inggris

A shepherd-boy, who watched a flock of sheep near a village, brought out the villagers three or four times by crying out, "Wolf! Wolf!" and when his neighbors came to help him, laughed at them for their pains.

The Wolf, however, did truly come at last. The Shepherd-boy, now really alarmed, shouted in an agony of terror: "Pray, do come and help me; the Wolf is killing the sheep"; but no one paid any heed to his cries, nor rendered any assistance. The Wolf, having no cause of fear, at his leisure lacerated or destroyed the whole flock.

There is no believing a liar, even when he speaks the truth.

[Aesop's classic tales]

Terjemahan Dalam Bahasa Indonesia:
Seorang anak yang merupakan penggembala domba, yang biasa mengawasi gerombolan domba di dekat sebuah desa, sudah tiga atau empat kali membuat para penduduk desa panik dan berlarian keluar rumah. Dia berteriak "Ada serigala! Ada serigala!" kemudian mentertawakan para penduduk yang datang berlarian untuk menolongnya.

Pada suatu hari, seekor serigala benar-benar datang untuk memangsa domba-domba yang ada di sana. Saat penggembala tadi berteriak-teriak "Serigala! Serigala" tidak ada penduduk yang datang untuk menolongnya. Mereka semua mengira bahwa si penggembala hanya berbohong seperti biasanya. Akhirnya, banyak domba yang menjadi mangsa serigala tadi.

Pelajaran yang dapat diambil dari dongeng ini adalah : Seorang pembohong tidak akan dipercayai segala ucapannya, bahkan ketika dia sedang tidak berbohong.