Tips Parenting

Banyak orang tua yang mencuci pakaian bayi dan balita mereka dengan cara yang sama seperti saat mereka mencuci pakaian orang dewasa. Padahal, sebenarnya pakaian bayi dan balita membutuhkan perlakuan khusus. Ini karena bayi dan balita jenis kulitnya tidak sama dengan orang dewasa. Kulit bayi dan balita rentan terhadap iritasi, yang bisa dipicu oleh detergent ataupun bahan lain yang digunakan saat mencuci pakaian. Memang, tidak semua bayi dan balita kulitnya sensitif. Tapi, sebagai orang tua, tentunya lebih aman untuk mencegah masalah seperti iritasi, alergi, dan yang lainnya terjadi kepada buah hati mereka.

Memilih Detergent Untuk Bayi
Sebenarnya untuk bayi yang kulitnya tidak tergolong kulit sensitif, kita bisa saja menggunakan detergent biasa, yang digunakan untuk pakaian orang dewasa. Hanya saja, sebaiknya kita tidak menggunakan detergent yang berbentuk bubuk, karena detergent dengan bentuk bubuk tidak mudah untuk dibilas. Akan lebih baik jika kita menggunakan detergent yang bentuknya cair, karena mudah dibilas dari pakaian, sehingga memperkecil resiko timbulnya iritasi pada kulit bayi. Detergent dengan tambahan pelembut juga sebaiknya dihindari, karena tambahan bahan untuk pelembut tersebut dapat memicu terjadinya iritasi.

Para orang tua yang ingin mencuci pakaian buah hati mereka tanpa rasa cemas akan efek samping seperti iritasi dapat menggunakan detergent khusus pakaian bayi yang banyak dijual di pasaran. Detergent ini sangat baik untuk mencuci popok kain, yang memang tidak boleh dicuci dengan detergent yang mengandung bahan kimia yang keras. Sebagai catatan, pencucian popok kain juga sebaiknya dilakukan secara terpisah, tidak menjadi satu dengan jenis pakaian lainnya.

Suhu Air Untuk Mencuci Pakaian Bayi
Jika memungkinkan, akan lebih baik jika pakaian bayi dan balita dicuci dengan air hangat atau panas, sekitar 30 sampai dengan 40 derajat celcius. Tapi, jika ini dirasa terlalu merepotkan, sebenarnya menggunakan air bersuhu normal juga tidak apa-apa.

Merendam Pakaian Bayi dan Balita
Ini adalah salah satu hal terpenting kenapa pakaian bayi dan balita harus mendapatkan treatment khusus. Biasanya pakaian bayi dan balita terkena noda, baik itu noda muntah, air susu, ataupun buang air. Untuk menghilangkan semua jenis noda tersebut, pakaian harus direndam di dalam air yang sudah dicampur dengan detergent. Penghilang noda juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda yang membandel, tapi sebelumnya kita harus memastikan bahwa penghilang noda tersebut aman untuk pakaian bayi.

Laundry Khusus Untuk Baju Bayi dan Balita
Bagi para orang tua yang terlalu sibuk untuk mencuci pakaian bayi dan balita mereka dengan treatment khusus, sekarang sudah ada beberapa laundry yang menyediakan layanan laundry khusus baju bayi. Contohnya, di Jogja, ada YES Laundry, yang menyediakan layanan pencucian pakaian bayi dan balita dengan treatment khusus, dan menggunakan detergent khusus. Tarif cuci pakaian ini tentu saja sedikit lebih mahal dari tarif cuci pakaian biasa/orang dewasa. Tapi, tetap terjangkau bagi siapa saja. Informasi lengkap mengenai tarif tersedia di website resmi laundry tersebut.

Di jaman yang serba modern ini, barang-barang yang dimiliki oleh setiap keluarga juga serba modern. Jadi, tidak jarang kita melihat anak bayi atau balita yang sudah bermain tablet atau smartphone, karena memang benda-benda tersebut selalu ada di sekitar mereka setiap hari. Para orang tua juga banyak yang membiarkan anak mereka bermain dengan gadget mereka. Alasannya sederhana. Biasanya bayi dan balita akan asyik bermain dengan gadget tersebut dan tidak rewel. Menurut beberapa ahli, sebaiknya anak yang umurnya masih di bawah 2 tahun tidak diperbolehkan untuk bermain dengan perangkat elektronik. Ini karena bayi dan balita sebaiknya melakukan banyak aktivitas fisik, dan bukan hanya duduk atau tiduran sambil bermain gadget. Jika mereka sibuk bermain smartphone atau tablet, waktu mereka akan tersita, padahal waktu itu bisa mereka gunakan untuk merangkak, belajar berjalan, dan menjelajahi lingkungan sekitarnya di rumah. Dari segi psikologis, anak yang umurnya kurang dari 2 tahun dan sudah terlalu sering bermain smartphone atau tablet punya kecenderungan untuk kurang berani dalam bersosialisasi. Ini karena mereka biasanya sibuk dengan perangkat elektronik, dan bukan bermain dengan orang tua atau teman mereka.

Screen Time (Waktu Bermain Tablet, Smartphone, Video Game, dsb) Yang Diperbolehkan
Jika anda bertanya kepada para ahli, jawaban mereka untuk anak yang umurnya di bawah dua tahun adalah ZERO screen time, atau tidak boleh sama sekali. Tapi, jika memang anda ingin mengijinkan anak anda untuk bermain dengan tablet atau smartphone, batasi hanya selama 15 atau 20 menit saja. Jangan sampai anda menganggap gadget anda sebagai "senjata andalan" untuk membuat anak anda diam.

Untuk anak yang umurnya sudah 2 tahun atau lebih, lamanya screen time yang dianggap aman oleh para ahli adalah sekitar 1 sampai 2 jam saja setiap harinya. Ini berlaku tidak hanya untuk smartphone dan tablet, tapi juga untuk komputer, televisi, dan yang lainnya. Kegiatan dan permainan fisik jauh lebih baik untuk anak-anak, dibandingkan memainkan games atau menonton televisi.

Sumber : http://www.babycentre.co.uk/a25006035/is-screen-time-good-or-bad-for-babies-and-children

 

Menjadikan anak yang baik dan pintar sesuai harapan orang tua memang tidaklah mudah. Apalagi di jaman sekarang dengan teknologi serba canggih. Hal ini perlu usaha keras dari orang tua dan guru. Maka dari itu di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin akan membantu mendidik anak menjadi anak yang baik dan juga pintar.


1.    Seorang guru memberi buku catatan kegiatan anak kepada orang tua selama di lingkungan keluarga supaya setiap aktivitas anak tersebut terkontrol.

2.    Setiap ada kegiatan/kelakuan anak yang salah, maka orang tua wajib menegurnya dan memberikan arah yang baik.

3.    Setiap minggu buku catatan kegiatan anak dilaporkan kepada gurunya sebagai bahan untuk lebih mengenal sifat (psikis) anak tersebut. Hal ini akan memudahkan guru menghadapi siswa agar siswanya dapat belajar dengan nyaman sehingga dapat menerima pelajaran dengan baik.

4.    Orang tua harus memandu anaknya ketika menggunakan internet agar tidak membuka situs-situs yang akan merusak moralnya.

5.    Biarkan anak berkreasi selama hal itu baik karena akan meningkatkan kecerdasannya dan kretifitas anak.

6.    Usahakan setiap sebelum tidur orang tua membacakan dongeng yang berisi tantang akhlak, moral dan nilai yang baik tetapi tetap menghibur.

Mudah-mudahan sedikit tips di atas bisa dilaksanakan oleh pembaca dan bermanfaat.

 

 

Lukman Hakim [loq_haq9 @yahoo.co.id]

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting untuk mendidik anak dengan tepat. Salah satu penyebab orang tua memiliki peranan yang vital ketika mendidik anak supaya menjadi anak yang cerdas adalah karena hal tersebut merupakan kewajiban orang tua yang harus dilakukan kepada anak. Bidang pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan semua orang. Selama manusia masih hidup, maka pendidikan adalah hal yang sangat diperlukan. Namun, dalam kenyataan tidak semua orang sadar tentang urgensi dari pendidikan. Mungkin ini yang menyebabkan tingkat buta huruf di Indonesia masih sangat besar khususnya di wilayah yang terpencil. Selain itu, tidak aneh saat mendengar orang tua yang malah melarang anaknya untuk pergi belajar karena banyak alasan. Berikut ini adalah alasan penting pendidikan memang sangat penting untuk kehidupan kita:

 
  • Menciptakan kepribadian yang baik

Meskipun tidak bisa menjamin apabila seseorang mengamalkan pendidikan yang diperoleh, maka seseorang akan mempunyai kepribadian yang lebih baik. Orang yang mempunyai pendidikan akan lebih berpikir positif, optimis, percaya diri, memegang etika, lebih sopan, dan lain sebagainya. Pendidikan diharapkan dapat membuat seseorang menjadi lebih bermoral dan tidak melakukan sesuatu yang merugikan kepada orang lain.

 
  • Meningkatkan martabat dan harkat seseorang

Alasan ini mungkin adalah yang paling sering didengar karena masyarakat saat ini memberikan penilaian kepada seseorang berdasarkan standar dan ukuran tertentu. Salah satu caranya adalah melalui bidang pendidikan. Orang yang mempunyai pendidikan tinggi dianggap mempunyai kedudukan dan karisma yang lebih tinggi dan ini berlaku sebaliknya. Sikap seseorang terhadap orang yang tidak mempunyai pendidikan berbeda dengan mereka yang memperoleh pendidikan. Seseorang lebih menghormati dan menghargai kepada orang yang berpendidikan.  

 
  • Bebas dari kebodohan

Ini adalah tujuan utama dari pendidikan yang mungkin sudah pernah Anda dengar yakni untuk menciptakan manusia yang cerdas. Seseorang yang pada awalnya tidak tahu apapun menjadi tahu tentang banyak hal karena pendidikan. Seseorang yang awalnya sama sekali tidak memahami apapun menjadi paham tentang berbagai hal. Artinya secara tidak langsung, pendidikan mampu mengeluarkan kita semua dari kebodohan. Begitu pentingnya arti pendidikan, pendidikan sampai diartikan sebagai cahaya yang telah menyinari malam yang gelap.

 
  • Terhindar dari eksploitasi dan penipuan

Banyak para penjahat yang menjadikan orang-orang dengan pendidikan rendah atau orang-orang bodoh untuk dijadikan target penipuan. Mengapa begitu? Karena penjahat tersebut berpendapat bahwa orang yang kurang pendidikannya pasti akan lebih mudah untuk di eksploitasi dan ditipu. Orang-orang tersebut akan mudah menyerah dan tidak melakukan perlawanan sehingga sangat mudah untuk ditundukkan. Pendidikan akan membuat seseorang mampu berpikir dengan lebih baik dengan logika yang benar atau dengan penalaran yang lebih baik dan membuat seseorang tersebut mengetahui kepribadian yang lebih banyak sehingga ini yang membuat mereka terhindar karena niat jahat orang lain.

 
  • Bekal untuk mendidik generasi yang lebih cerdas

Setiap orang pasti akan menjadi orang tua untuk anak mereka. Saat seseorang tidak mempunyai pengetahuan, maka bagaimana cara mereka untuk membimbing, merawat, dan menjaga anak mereka menjadi lebih baik. Modal orang tua yang paling utama adalah pendidikan sehingga orang tua bisa bertanggung jawab untuk masa depan. Orang tua dengan pendidikan yang baik mampu mengajarkan nilai pendidikan tersebut kepada anak mereka sehingga anak-anak mereka juga menjadi seseorang yang sopan, cerdas, dan mempunyai etika terhadap orang lain.

 
  • Menjadi modal untuk berkarya dan bersaing

Salah satu alasan penting untuk mendapatkan pendidikan adalah sebagai modal untuk bekerja, berkarya, dan bersaing dengan individu lain. Banyak orang yang menjadikan pendidikan untuk memperoleh pekerjaan. Meskipun pendidikan tidak dapat menjamin seseorang akan memperoleh pekerjaan yang lebih baik, namun pendidikan tetap berpengaruh untuk mendapatkan berbagai peluang dan kesempatan dalam bekerja.

 

Cari Guru Les secara Online Mampu Gantikan Lembaga Formal

 

Pendidikan tidak hanya diperoleh di lembaga formal, jadi Anda tidak perlu putus asa apabila Anda kekurangan biaya atau keadaan tubuh Anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan pendidikan di lembaga formal. Belajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Apalagi di zaman sekarang yang sudah muncul teknologi internet. Hal apapun dapat dilakukan dengan internet mulai dari berbelanja, mendapatkan hiburan seperti menonton video, film, mendengarkan musik, membaca buku, chatting, bermain game, berinteraksi di media sosial, dan tentu saja pendidikan.

 

Dulu, pendidikan masih dilakukan dengan cara biasa seseorang harus datang ke sekolah untuk belajar, namun saat ini sangat berbeda, orang yang tidak mampu membayar biaya sekolah pun juga bisa tetap belajar bidang yang diinginkan seperti yang diajarkan di sekolah formal. Salah satu bidang yang bisa dipelajari secara online adalah bahasa asing. Banyak orang yang tidak cari guru les di lembaga resmi, namun mereka bisa menguasai bahasa asing tersebut bahkan jika orang tersebut lebih tekun dan rajin, maka kemampuan mereka bisa melebihi orang yang sedang mengambil kursus di lembaga yang sudah terkenal.

 

Di Indonesia, ijazah yang hanya bisa didapatkan dari lembaga formal memang masih sangat dibutuhkan untuk mencari pekerjaan. Namun, bagi yang tidak mempunyai banyak biaya les secara online adalah hal yang sangat membantu. Orang tersebut mungkin tidak bisa bekerja di pemerintahan atau lembaga lain yang memerlukan ijazah, namun jika orang tersebut mempunyai kemauan yang sangat kuat untuk terus mempelajari bidang yang diinginkan dan kemampuan mereka sudah setara dengan profesional yang mengambil kursus di lembaga formal, maka pekerjaan akan datang sendiri untuk mencari mereka.

 

Ada banyak orang yang sudah membuktikan hal ini, banyak pengusaha terkenal dan sukses yang ternyata tidak lulus sekolah menengah atas, namun tetap bisa menjadi seseorang yang sukses secara finansial dan bahkan mereka mempekerjakan seseorang dengan pendidikan yang lebih tinggi. Anda juga bisa menjadi sosok tersebut jika mempunyai tekad yang benar-benar kuat. Jika memang Anda menyukai bahasa asing, maka Anda bisa menekuni bidang tersebut dengan cara belajar di https://preply.com/id/ yang memanfaatkan Skype untuk mengajar Anda bahasa yang diinginkan melalui tutor dari berbagai negara yang sudah sangat ahli dan mempunyai sertifikat resmi untuk mengajar bahasa.

 

Bahasa asing tidak hanya dipelajari secara tulisan, namun Anda harus bisa menjadi seseorang yang menguasai bahasa asing tersebut secara aktif. Intinya, Anda harus bisa melakukan komunikasi dalam bahasa asing dengan lancar karena kebanyakan orang hanya dapat menguasai bahasa asing secara pasif, namun Anda harus dapat menguasai kedua bahasa tersebut agar Anda bisa lebih unggul dari orang lain. Jika terus ditekuni, maka les secara online ini mampu menggantikan kebutuhan Anda untuk kursus di tempat mahal di lembaga bahasa asing yang sudah resmi sehingga Anda tetap dapat belajar meskipun mempunyai keterbatasan biaya.

Musim liburan sekolah telah tiba dan anak – anak menyambutnya dengan riang gembira, musim liburan sekolah bisa di isi dengan kegiatan – kegiatan yang positif seperti bersepeda di pagi hari, lari pagi, bermain ke tempat wisata atau berenang bersama keluarga. Dan dalam melakukan aktifitas olahraga kita juga harus pintar dalam memilih alat olahraga yang tepat, berikut tips :

 

1.Pilihlah alat olahraga yang aman di gunakan oleh anak.

2.Gunakan alat olahraga yang tepat untuk kesehatan dan pertumbuhan anak.

3.Apabila Anda menggunakan alat olahraga listrik sebaiknya jauhkan dari anak – anak karena berbahaya.

4.Alat olahraga tidak semuanya mahal belilah seperti skipping atau sepeda.

 

 

Terima kasih dan selamat berlibur.erick

 

 

Erick [This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.]